Beranda Pemerintahan Maja Lebak Direncanakan Jadi Lokasi TPSA Regional

Maja Lebak Direncanakan Jadi Lokasi TPSA Regional

Ilustrasi - foto istimewa indepedensi.com

PANDEGLANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana membangun Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Regional yang berlokasi di Maja, Kabupaten Lebak. Hal itu disampaikan Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) usai membuka pelatihan dasar CPNS di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Senin (22/11/2021).

WH mengatakan, rencana pembangunan TPSA Regional tersebut untuk membantu daerah lain dalam pengelolaan sampah. Namun hal itu memerlukan perencanaan yang sangat tepat.

“Targetnya di Maja 100 hektar, TPA regional kan untuk membantu DKI dan wilayah wilayah Tangsel dan kota, itu kebutuhan mereka jadi perlu jalan tol atau jalan apa yang bisa itu yang sedang disepakati dengan nasional,” kata WH.

Meski begitu, WH mengakui, jika dalam proses pembangunan TPSA regional tidaklah mudah.” (Sekarang) Masih belum, karena kemarin masalah tata ruang. Karena tidak gampang bangun TPSA ternyata, biayanya, alatnya juga mahal, ini perlu fokus,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten, Wawan Gunawan mengatakan saat ini pemprov Banten tengah merencanakan pembangunan TPA Regional.

“Kita Provinsi hanya mengelola sampah regional lintas kabupaten/kota, tapi kan belum ada yang namanya TPA regional, baru ada rencana,” kata Wawan.

Ia menyampaikan, sampai saat ini pihaknya sudah melakukan rapat-rapat dengan konsultan mengenai TPA Regional tersebut.

“Mungkin yang kita kelola untuk pengelolaan TPA regional baru perencanaan itu di Lebak, itu baru ada konsultan dulu kemarin kita baru rapat-rapat dulu,” pungkasnya. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini