Beranda Ramadan Salat di Dalam Mobil saat Mudik Lebaran, Begini Tata Cara dan Hukumnya?

Salat di Dalam Mobil saat Mudik Lebaran, Begini Tata Cara dan Hukumnya?

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Mudik lebaran 2022 akan berlangsung sebentar lagi. Mungkin anda pernah melihat seseorang melakukan sholat di dalam kendaraan atau mobil. Apakah boleh sholat di dalam mobil saat mudik lebaran?

Bagaimana pula hukum sholat di dalam mobil saat mudik lebaran? Dan seperti apa tata cara melakukannya? Ketahui penjelasannya dalam artikel berikut.

Menunaikan sholat 5 waktu menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan bagi setiap umat muslim. Namun ada beberapa kondisi di mana seseorang mendapatkan keringanan dalam menjalankan ibadah, salah satunya ketika sedang berada dalam perjalanan di atas kendaraan (mobil, kereta api, pesawat, kapal dan lain sebagainya).

Para ulama memperbolehkan umat muslim untuk sholat saat naik kendaraan. Hal ini mengacu sebuah hadist dari Jabir bin Abdillah r.a., “Rasulullah SAW melaksanakan sholat sunnah di atas kendaraan tanpa menghadap kiblat” (HR. Bukhari 1094).

Sholat di atas kendaraan ini termasuk pula sholat di dalam mobil. Hal itu boleh dilakukan jika ada udzur atau halangan yang dibenarkan dalam agama Islam.

Misalnya seperti contoh seseorang tidak dapat menemukan tempat ibadah atau masjid dan terjebak hujan deras di mobil. Oleh karenanya umat muslim dapat melaksanakan sholat di dalam mobil. Atau ketika pemudik terjebak macet dan tidak bisa menemukan tempat sholat yang nyaman.

Meski demikian, setiap umat muslim diharuskan untuk mengetahui tata cara sholat di atas kendaraan. Simak caranya berikut.

Tata Cara Sholat Saat Naik Kendaraan

Dalam posisi duduk tegak dan diperbolehkan untuk bersandar di kursi

Mengarahkan pandangan ke depan bagian bawah

Takbiratul Ihram dan dilanjutkan membaca doa Iftitah, surat Al-Fatihah dan membaca surat pendek dalam Al-Quran

Rukuk dengan sedikit menundukkan badan

I’tidal dilakukan dengan posisi punggung lurus seperti dalam posisi duduk

Sujud dilakukan dengan membungkukan badan lebih rendah saat ketika rukuk

Duduk diantara dua sujud kembali ke posisi awal

Lakukan cara yang sama pada rakaat selanjutnya

Salam dilakukan dengan menengok ke kanan dan ke kiri

Syarat Sholat di Dalam Kendaraan

Baca Juga:Daftar 3 Rest Area di Jalur Cianjur, Lepas Lelah Sambil Menikmati Pemandangan Alam

Tentu ada beberapa syarat bagi seseorang diperbolehkan untuk sholat di dalam mobil. Simak syaratnya berikut ini.

Tidak memungkinkan untuk berhenti dalam perjalanan dan sementara dirinya khawatir terlewat waktu untuk sholat wajib. Hal ini seperti tertinggal waktu sholat fardhu yang sebentar seperti Maghrib menuju Isya

Tidak adanya tempat pemberhentian yang aman untuk sholat seperti berada di tengah jalanan sepi jauh dari keramaian, saat berada di kapal kecil maupun berada dalam pesawat

Apabila tidak menemukan air untuk berwudhu diharuskan untuk bertayamum. Jika ada toilet atau wastafel di dalam kereta dapat digunakan

Demikian tata cara dan hukum melaksanakan sholat di dalam mobil yang wajib untuk kamu ketahui. Semoga perjalanan mudik lebaran Anda berjalan lancar.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini