Beranda Kampus Prof. Aceng Hasani: Pendidikan Harus Tumbuh dan Berproses

Prof. Aceng Hasani: Pendidikan Harus Tumbuh dan Berproses

Jurusan Pendidikan Non Formal, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers.

SERANG – Jurusan Pendidikan Non Formal, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers. Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari dosen, peneliti, praktisi dan mahasiswa mengusung tema “Pendidikan Transformatif untuk Pembelajaran Berkelanjutan.”

Pada kesempatan tersebut, Ila Rosmilawati, Ph.D selaku Ketua Jurusan Pendidikan Nonformal menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian akan kebiasaan akademik di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

“Sengaja kegiatan ini kami sandingkan dengan Call for Papers, dimana peserta dapat melakukan publikasi karya tulis ilmiah ber-ISSN dan terindeks Google Schoolar,” tegasnya, Minggu 25 Juni 2023.

Sementara Dekan FKIP Untirta, Dase Erwin Juansah selaku menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan Seminar Nasional dan Call for Papers, pada kesempatan tersebut Dase Erwin Juansah yang juga merupakan Dekan FKIP Untirta membuka acara tersebut secara resmi.

Prof Aceng Hasani yang menjadi pembicara kunci (keynote sepaker) menyampaikan bahwa pendidikan harus terus bertumbuh dan berproses. “Transformasi menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang pendidik di masa mendatang, dimana dapat mengartikulasikan visi secara realistis dan dapat dipercaya,” tegasnya.

Salah satu pesan penting yang disampaikan oleh Guru Besar FKIP tersebut bahwa menjadi guru perlu memiliki value “Transformasional nir Transaksional” dimana guru yang transformasional dapat berkembang sejalang dengan daya dukung intrinsik dari berbagai multilevel, sedangkan guru yang transaksional selalu perlu dirangsang untuk berubah atas dasar dorongan eksternal.

Hadir pada kegiatan tersebut sebagai narasumber Nisa Felicia Faridz, Ph.D selaku Executive Director Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) Kemdikbud. Ia menyampaikan bahwa tujuan perubahan selalu ideal (transformasi pembelajaran), namun strategi perubahan selalu mengalami kontekstualisasi dan membutuhkan waktu untuk mengadopsi perubahan.

Sementara, narasumber kedua Budi Kurnia Suhaeri, M.Pd., menyampaikan bahwa pendidikan nonformal yang di dalamnya terdapat homeschooling pada pendidikan kesetaraan bisa menjadi pilihan untuk transformasi pendidikan.

“Sekolah rumah (homeschooling) yang di dalamnya diselenggarakan pendidikan anak secara mandiri dalam tanggung jawab orangtua/keluarga bersifat fleksibel, nonkomersial, dan berpusat pada kepentingan terbaik anak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional,” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini