Beranda Peristiwa Buaya Muara dari Cinangka Akan Dikirim ke Menes Pandeglang

Buaya Muara dari Cinangka Akan Dikirim ke Menes Pandeglang

Petugas BKSDA Serang mengamankan Buaya Muara yang ditemukan di Cinangka, Kabupaten Serang - foto istimewa

SERANG – Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III BKSDA Jawa Barat berencana akan memindahkan buaya muara yang ditemukan warga Kecamatan Cinangka ke daerah penangkaran buaya di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Resort Konservasi Wilayah III BKSDA Jawa Barat, Tuwuh Rahadianto Laban. Tuwuh mengatakan buaya berjenis kelamin betina dengan bobot 300 kilogram dan panjang 3,5 meter tersebut rencananya akan dititiprawatkan di penangkaran di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Menurutnya dulu di lokasi pengkapan buaya muara tersebut merupakan habitat buaya muara. Jadi kemungkinan masih banyak buaya yang belum ditemukan di daerah tersebut.

“Maka dari itu kami mengimbau agar warga tidak melakukan perburuan atau membunuh apabila menemukan atau melihat buaya. Dan segera laporkan ke pihak BKSDA Banten untuk segera ditindaklanjuti,” katanya, Senin (13/7/2020).

Sebelumnya, warga Kampung Ciparay Desa Sindang Laya Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang mendadak geger, karena menemukan buaya di muara sungai Cidanau. Dengan peralatan seadanya warga sekitar berhasil menangkap buaya sepanjang 3 meter tersebut.

“Di tangkap oleh warga jam 2 pagi yang selanjutnya oleh tim polisi hutan BKSDA dievakuasi pukul 8 pagi,” kata Tuwuh.

(Dhe/You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini