Beranda Pemerintahan Zakat ASN ke Marbot dan Guru Ngaji Jangan Ada Potongan!

Zakat ASN ke Marbot dan Guru Ngaji Jangan Ada Potongan!

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menghadiri pembagian zakat ASN Pemprov Banten

PANDEGLANG – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menghadiri pembagian zakat ASN Pemprov Banten untuk marbot dan guru ngaji se-Kabupaten Pandeglang di Gedung Koperasi Koguri Cigadung, Pandeglang, Minggu (24/4/2022).

Andika mengingatkan langsung dalam pertemuan tersebut bahwa zakat senilai Rp 500 ribu untuk masing-masing penerima tersebut harus diterima penuh alias tanpa pemotongan.

“Ini nilainya zakat uang tunainya Rp 500 ribu untuk masing-masing penerima. Saya tegaskan di sini agar tidak ada pemotongan. Harus diterima penuh oleh masing-masing penerima,” kata Andika dalam sambutannya.

Menurut Andika, sejak awal kepemimpinan dirinya mendampingi Gubernur Banten Wahidin Halim pada 2017 lalu, Pemprov Banten menginisiasi pengumpulan zakat dari seluruh ASN di lingkungan Pemprov Banten. “Nah ini salah satunya yang Bapak/Ibu terima hari ini, Alhamdulillah semoga bermanfaat untuk kebutuhan Lebaran Bapak/Ibu semua,” kata Andika.

Selain zakat berupa uang tunai Rp 500 ribu kepada para marbot dan guru ngaji, kata Andika, Pemprov Banten dengan uang hasil pengumpulan zakat dari ASN tersebut juga memberikan paket sembako senilai 150 ribu rupiah kepada anggota masyarakat yang berhak menerima.

“Coba sebelum dibagikan Pak Wagub mau lihat dulu paket sembakonya,” kata Andika meminta petugas membawakan beberapa paket sembako yang akan dibagikan.

Andika mengaku ingin memastikan kualitas sembako yang dibagikan kepada masyarakat memang layak dan berkualitas.

“Nah, ini berasnya juga beras super, dan juga ada minyak goreng yang sangat dibutuhkan Ibu-ibu,” kata Andika seraya menunjukkan kantong beras kemasan 10 liter dari dalam bungkusan paket.

Lebih jauh Andika berharap zakat dan paket sembako yang dikumpulkan dari ASN Pemprov Banten tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banten.

“Terutama di saat-saat menjelang Lebaran seperti ini, semoga menjadi berkah bagi kita semua, baik yang memberikan maupun yang menerima,” kata Andika.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Banten Gunawan Rusminto mengatakan, pembagian zakat untuk marbot dan guru ngaji di Pandeglang tersebut merupakan bagian dari kegiatan pembagian se-Banten yang akan dilakukan secara bergiliran oleh Wagub Andika maupun Gubernur Wahidin. “Hari ini Pak Wagub jadwalnya langsung akan memberikan yang untuk di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak,” kata Gunawan.

Lebih jauh Gunawan mengungkapkan Wagub Andika hari ini melakukan pembagian untuk Pandeglang sebanyak 100 zakat masing-masing senilai Rp 500 ribu dan 300 paket sembako. Berikutnya dengan nilai dan kuota yang sama pembagian untuk Kabupaten Lebak akan dilakukan di Ponpes Darul Qoriin, Kalanganyar.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ