Beranda Pemerintahan Parenting Penting untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Parenting Penting untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Foto istimewa

PANDEGLANG – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pandeglang Neng Eha Pery menyatakan bahwa Parenting sangat penting untuk pertumbuhan dan Perkembangan anak.

Sebab, Parenting merupakan cara orangtua mendidik anak dalam proses pembelajaran, pengasuhan dan intreaksi antara orang tua dan anak yang meliputi aktivitas memberi petunjuk, memberi makan, pakaian, dan melindungi anak saat mereka tumbuh berkembang.

Demikian diungkapkan Ketua DWP Kabupaten Pandeglang, Neng Eha Pery saat menghadiri Seminar Parenting dalam rangka Peringatan Hari Ibu yang di gelar Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) di Pendopo, Selasa (3/12/2019).

Ia mengatakan tempat belajar pertama anak adalah di lingkungan keluarga, terutama mendidik anak usia dini.

“Apa yang kita ucapkan, kita lakukan, atau kita respon, jika itu terlihat dan terdengar oleh anak, semua terekam dengan baik. Jadi, jika suatu saat anak akan melakukan hal yang sama,” katanya melalui siaran tertulis.

Senada dikatakan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pandeglang, Titin Endjang. Ia mengatakan seminar parenting ini sangat penting bagi para orangtua, dimana peran orangtua faktor utama dalam keluarga, apalagi di kaitkan dengan situasi dan kondisi saat ini era digital.

“Tentunya orang tua harus memiliki kecerdasan dalam pola asuh anak, ungkapnya Ia berharap, dengan adanya seminar ini para orangtua memiliki wawasan terhadap pola asuh anak, sehingga ilmu yang di dapat bisa di implementasikan dalam kehidupan rumah tangga,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DP2KBP3A Pandeglang, Mohamad Kabir dalam acara seminar tersebut menjelaskan, membesarkan dan mendidik anak bukanlah perkara mudah. Menurutnya, kekeliruan orangtua dalam menerapkan pola asuh dapat memengaruhi perilaku anak di kemudian hari.

“Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempelajari prinsip parenting yang benar agar bisa membentuk karakter positif pada anak,“ jelasnya.

Dia menjelaskan, Parenting sangat menentukan dalam tumbuh kembang anak. Oleh karena itu Pemkab Pandeglang terus berupaya untuk memberikan pemahaman kepada orang.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini