Beranda Pendidikan Monash University Hadir di BSD City sebagai Perguruan Tinggi Luar Negeri Pertama...

Monash University Hadir di BSD City sebagai Perguruan Tinggi Luar Negeri Pertama di Indonesia

Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim, Resmikan Monash University di BSD City (Dok. Sinar Mas Land)

TANGERANG – Siapa tak kenal Monash University? Dikenal sebagai salah satu universitas bergengsi di dunia, Monash University merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada 1958 di Melbourne, Australia.

Tahun ini, institusi perguruan tinggi tersebut berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking.

Tak hanya di Australia, Monash Univesrity juga berekspansi ke tingkat global, dengan membuka kampus di negara lainnya, di antaranya Malaysia, Tiongkok, dan India. Dan kini, Monash University juga berekspansi ke Indonesia.

Mengmbil lokasi di BSD City, kehadiran Monash University akan melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan ternama lainnya, seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, IULI, serta institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc.

Di Kampus BSD City ini, Monash akan berfokus pada pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation dan Public Policy & Management.

Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia akan mendukung perkembangan perguruan tinggi lokal melalui beberapa program kemitraan. Dan kehadiran Monash juga akan memacu perguruan tinggi nasional untuk dapat berprestasi di tingkat global.

Presiden dan Wakil Rektor – Monash University, Prof. Margaret Gardner AC, dalam siaran pers yang diterima Suara.com, menuturkan, “Kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan baru merupakan visi Monash University dan pemerintah Indonesia. Kami harap Monash bisa belajar dan berkontribusi signifikan bagi pembangunan ekonomi di kawasan ini. Lokasi ini (BSD City) kami pilih dengan mempertimbangkan kedekatannya dengan industri, dengan perguruan tinggi lain serta berada tepat dimana masyarakat tinggal, belajar dan bekerja.”

Peresmian kampus Monash University berlangsung di gedung Green Office Park (GOP) 9, kawasan BSD Green Office Park BSD City pada Kamis (14/4/2022), oleh Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia), didampingi oleh Prof. Margaret Gardner AC (Presiden dan Wakil Rektor – Monash University), Prof. Andrew MacIntrye (President – Monash University Indonesia), serta disaksikan oleh Penny Williams (Duta Besar Australia untuk Indonesia), A. Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), dan Michael Widjaja (Group CEO – Sinar Mas Land).

Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim mengatakan, “Presiden Joko Widodo memiliki visi untuk banyak berkolaborasi dengan institusi global dalam menggali potensi ekonomi, riset dan kemitraan di institusi pendidikan di Indonesia. Menuju global citizenship, keberadaan Monash sebagai universitas luas negeri pertama merupakan jembatan pendidikan dengan dunia internasional. Dengan begitu, bersama kita bisa maju di panggung dunia.” (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini