Beranda Olahraga Timnas Filipina vs Indonesia Jelang Duel Piala AFF 2022, Ini Head to...

Timnas Filipina vs Indonesia Jelang Duel Piala AFF 2022, Ini Head to Head Kedua Tim

Witan Sulaeman - foto istimewa kompas.com

SERANG – Tim Nasional (Timnas) Filipina akan menjamu Timnas Indonesia dalam pertandingan pemungkas Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023). Inilah head to head Filipina vs Indonesia di semua ajang.

Pertandingan Filipina vs Indonesia akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila. Duel penentuan Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 ini akan berlangsung mulai pukul 19.30 WIB.

Sepanjang sejarah, Filipina dan Indonesia sudah bentrok sebanyak 24 kali. Pertemuan pertama terjadi pada 30 Mei 1958 di Tokyo dalam ajang Asian Games. Tatkala itu tim Garuda menang 4-0.

Setelah itu, setiap kali bertemu kembali, Timnas Indonesia selalu jadi momok The Azkals. Bahkan Filipina pernah dilumat dengan skor 13-1. Itu tercipta pada 23 Desember 2002 dalam ajang Piala AFF 2002.

Namun kini Filipina sudah bukan lumbung gol Indonesia lagi. Buktinya dalam tiga pertemuan terakhir tim Merah Putih tidak pernah menang. Salah satunya Filipina mampu meraih kemenangan perdana atas Indonesia.

Pada 25 November 2014 di Hanoi, Vietnam, dalam ajang Piala AFF 2014, Indonesia dilumat 0-4. Ini adalah kemenangan pertama Filipina atas Indonesia setelah di 21 laga sebelumnya tak pernah menang.

Setelahnya, ketika bentrok di Piala AFF 2016 dan 2018, pertandingan kedua tim berakhir imbang. Pada 2016 berbagi angka dengan skor 2-2, sedangkan pada pertemuan 2018 skor akhir kacamata.

Karena itu duel ke-25 atau pertandingan kesembilan di Piala AFF ini bakal berlangsung sengit. Sebagai tuan rumah Filipina tak ingin Indonesia meraih kemenangan dan melaju ke babak semifinal.

Peluang Filipina untuk lolos ke semifinal sudah tertutup. Filipina saat ini berada di posisi empat klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan tiga poin, terpaut empat poin dari Thailand dan Indonesia.

Sebaliknya Timnas Indonesia sangat butuh poin. Hasil imbang cukup bagi Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika Kamboja dan Thailand saling mengalahkan atau imbang. Namun demikian Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan ingin menang.

Head to Head Filipina vs Indonesia

Main: 24 kali
Filipina menang: 1
Indonesia menang: 19
imbang: 4

(Red/CNN Indonesia)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini