Beranda Komunitas Seren Taun Cisungsang 2021 Digelar Sederhana

Seren Taun Cisungsang 2021 Digelar Sederhana

Acara seren taun Cisungsang berlangsung sederhana. (IST)

LEBAK – Seren Tahun Adat Kasepuhan Cisungsang tahun 2021 digelar pada hari Minggu (5/9/2021) secara sederhana, bertempat di pendopo rumah adat kasepuhan Cisungsang, Kampung Cisungsang, Desa Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Seren Tahun merupakan sebuah upacara adat turun temurun yang dilakukan setelah panen padi. Upacara ini dilakukan setiap tahun secara rutin, dan diikuti seluruh warga desa. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya ikut ambil bagian dalam upacara tersebut.

Namun ada yang berbeda di acara Seren Tahun kali ini, sejak adanya pandemi Covid-19, adat kasepuhan Cisungsang menggelar Seren Tahun secara sederhana dan dibatasi hanyah diikuti kurang dari 25 persen pengunjung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, guna mengantisipasi penularan virus covid19.

Dalam kesempatan itu Kasepuhan adat Cisungsang A.Usep Suyatma, yang akrab disapa Abah Usep, kepada awak media mengatakan bahwa acara seren taun d dilaksanakan secara sederhana, hanya 25 persen saja.

“Karena mengingat di masa PPKM, acara ini dilaksanakan tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Kami juga sudah berkoordinasi dulu dengan pihak kecamatan, untuk meminta petunjuk dan arahan,” kata Abah Usep.

Lanjut Abah Usep, pihaknya mengikuti aturan pemerintah, tentang prokes dengan ketat dimasa pandemi Covid-19 ini. “Untuk itu kami melaksanakan acara seren tahun adat Kasepuhan Cisungsang di tahun 2021 ini, hanya sekitar dibawah 25 persen tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Abah Usep juga mengajak kepada semua masyarakat adat Cisungsang agar bisa menjaga protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah adat kasepuhan Cisungsang.

“Saya seleku ketua adat kasepuhan Cisungsang, juga mengajak kepada masyarakat Cisungsang agar bisa mengikuti vaksinasi, supaya kita sehat dan terhindar dari paparan virus Corona,” tutur Abah Usep.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini