Beranda Peristiwa Bendungan Pamarayan Status Siaga, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Bantaran Sungai

Bendungan Pamarayan Status Siaga, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Bantaran Sungai

Kondisi Bendung Gerak Pamarayan Baru atau yang dikenal Bendungan Pamarayan berstatus Siaga pada Kamis (29/12/2022). Foto: Pos Pemantauan Bendungan Pamarayan di Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

KAB. SERANG – Kondisi Bendung Gerak Pamarayan Baru yang berada di Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten berstatus Siaga. Situasi tersebut sudah terjadi sejak Kamis (29/12/2022) sekira pukul 02.00 WIB.

Berdasarkan data pos pemantauan, saat ini debit air mencapai 1.110 meter kubik per detik dengan tinggi muka air 450 sentimeter. Saat ini ada 6 pintu pengendali banjir yang dibuka. 

Petugas Operasi Bendung Gerak Pamarayan Baru, Bagus Restu Alvian mengatakan debit air dan ketinggiannya terus meningkat sejak pukul 02.00 WIB. Sedangkan untuk tinggi muka air pada hulu saat ini mencapai 12,80 meter dan hilir berada di 11,00 meter. 

“Ini debitnya jam 11.00, (sudah naik) dari jam 02.00 dini hari,” ujar Restu kepada BantenNews.co.id, Kamis (29/12/2022). 

Debit air Bendung Gerak Pamarayan Baru berstatus Siaga jika alirannya sudah mencapai 1.000 hingga 1.300 meter kubik per detik. Status tersebut dapat meningkat jadi Awas jika menyentuh angka 1.300 sampai 1.800 dan berstatus Bahaya jika debit air berada di atas 1.800 meter kubik per detik. 

Naiknya status Siaga pada Bendung Gerak Pamarayan Baru dikarenakan curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Serang, Sungai Ciberang dan Sabagi. 

Atas kondisi tersebut, Restu mengimbau kepada warga agar tidak melakukan aktivitas di bantaran Sungai Ciujung selama status masih dalam keadaan Siaga. 

“Imbauan untuk masyarakat yang berada di bantaran Sungai Ciujung yang di hulu maupun di hilir untuk tidak beraktivitas dahulu selama status Siaga dari Bendung Gerak Pamarayan Baru,” kata Restu. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini