Beranda Kesehatan Bawang Merah dan Bawang Putih Bermanfaat Cegah Kanker Payudara

Bawang Merah dan Bawang Putih Bermanfaat Cegah Kanker Payudara

Ilustrasi - foto istimewa Klikdokter.com

Bawang merah dan bawang putih adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk segala jenis hidangan. Selain membuat makanan lebih nikmat, bawang putih dan bawang merah punya sifat anti kanker.

Sebuah temuan yang dilakukan oleh peneliti di University of Puerto Rico, bawang putih dan bawang merah bisa turunkan risiko kanker payudara. Di negara asalnya, Puerto Rico, penelitian ini adalah studi pertama berbasis populasi yang meneliti konsumsi bawang putih dan bawang merah dengan kanker payudara.

“Kami menemukan bahwa di antara wanita Puerto Rico, gabungan asupan bawang merah dan bawang putih, serta sofrito, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara,” kata Gauri Desai, penulis utama studi mengutip detik.com.

Mereka yang mengkonsumsi bawang lebih dari sekali per hari memiliki 67 persen penurunan risiko dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah memakannya.

Gagasan untuk penelitian ini berasal dari bukti ilmiah sebelumnya yang menunjukkan bahwa makan bawang dan bawang putih mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker. “Bawang putih dan bawang merah kaya akan senyawa flavonoid dan organofaskular,” tambah Desai.

Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa S-allylcysteine, dialil sulfida dan dialil disulfida, sedangkan bawang merah mengandung alk (en) yl sistein sulfoksida.

“Senyawa ini menunjukkan sifat anti kanker pada manusia, serta dalam penelitian pada hewan percobaan,” imbuh Lina Mu, penulis senior studi tersebut, yang merupakan profesor epidemiologi dan kesehatan lingkungan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini