Beranda Peristiwa Mensos dan Ketua DPR RI Berikan Bansos Langsung ke Warga Jayanti Tangerang

Mensos dan Ketua DPR RI Berikan Bansos Langsung ke Warga Jayanti Tangerang

Ketua DPR RI Puan Maharani dan Mensos Juliari P Batubara berdialog dengan warga penerima bantuan. (Rendi/bantennews)

 

KAB TANGERANG – Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) untuk masyarakat miskin dan terdampak covid-19 di Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Selasa (23/6/2020).

Alokasi BST Kemensos di Tangerang merupakan yang terbanyak karena jumlah penduduknya banyak dan merupakan wilayah industri.

“Saat diberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) pastinya banyak masyarakat yang tidak bisa bekerja sehingga masyarakatnya banyak yang dirumahkan. Oleh karena itu, wajar jika Tangerang banyak mendapatkan BST,” ujar Batubara.

Tercatat, jumlah penerima BST di Provinsi Banten yaitu 508.077 keluarga penerima manfaat (KPM), tersebar di enam kabupaten/kota. Kabupaten Tangerang sebanyak 142.508 KPM (senilai Rp 85.504.800.000) per bulan. Di Kecamatan Jayanti sejumlah 6.341 KPM (senilai Rp 3.804.600.000) per bulan tersebar di delapan desa/kelurahan. Di Desa Cikande sebanyak 1.178 KPM (senilai Rp 706.800.000) per bulan.

Pemberian BST ini  untuk mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat. Oleh karena itu, Mensos berharap para KPM mempergunakan uang bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok, sehingga dapat mengurangi beban keluarga.

Dalam penyaluran BST di Desa Cikande, KPM mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per bulan. BST diberikan selama sembilan bulan, mulai April hingga Juni 2020 sebesar Rp 600 ribu per bulan. Kemudian, mulai Juli hingga Desember nominal bantuan yang diberikan menjadi Rp 300 ribu per bulan.

Pada penyerahan bantuan ini, Mensos Juliari didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko PMK Muhadjir Effendy, Anggota DPR Diah Pitaloka dan Ichsan Yunus. Turut hadir Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Tangerang Achmed Zaky Iskandar, dan Dirut PT Pos Indonesia Gelarsih Restiono.

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam kesempatan tersebut mengatakan dalam upaya menangani covid-19, pemerintah dan DPR berkoordinasi dan bergotong royong untuk segera menyelesaikan permasalahan ini.

“Bagaimana masalah kesehatan dan ekonomi harus segera pulih. Karena memilih kesehatan akan berbahaya terhadap ekonomi. Demikian juga sebaliknya, memilih ekonomi akan berbahaya bagi kesehatan. Keduanya harus berjalan seiring. Oleh karena itu DPR berkoordinasi dengan PMK dan Kemensos mengatasi hal ini,” kata Puan

Dalam penanganan covid-19, DPR bertugas mengawasi bantuan yang disalurkan melalui Kemensos agar penggunaannya dapat digunakan sebaik-baiknya untuk rakyat Indonesia.

“Dibutuhkan kerja sama dan gotong royong dari berbagai pihak dalam pemulihan ekonomi,” kata Puan Maharani.

Di sela acara penyerahan bantuan, Mensos bersama Ketua DPR dan rombongan mengunjungi salah satu rumah penerima manfaat di Desa Cikande.

“Bantuan yang didapat agar dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan hidup,” ujar Puan Maharani.

BST dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia kecuali DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi. Pengecualian dilakukan karena di beberapa lokasi tersebut sudah mendapatkan Bantuan Khusus Presiden berupa sembako. (Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini